Skripsi
Pengaruh diversifikasi produk terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk susu pada pkis sekartanjung kecamatan Purwodadi kota Pasuruan : Lisa Magdalena Dermawan
PENGARUH DIVERSIFIKASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK SUSU PADA PKIS SEKARTANJUNG PASURUAN
ABSTRAKSI
Banyak perusahaan yang bersaing dalam dunia usaha, hal ini menyebabkan banyak perusahaan yang bersaing dalam bidang usaha. Persaingan-persaingan yang terjadi antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lainnya sangat ketat dalm memenuhi konsumen, hal ini akan mendorong perusahaan untuk selalu memenuhi selera konsumen, antara lain dengan bertambahnya variasi produk yang dipasarkan merupakan salah satu cara untuk menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut. Usaha yang dapat dilakukan perusahaan dalam menemukan dan mengembangkan produknya, yaitu salah satunya dengan adanya diversifikasi produk. Jika ditinjau dari masalah diversifikasi produk, PKIS melakukan pengamatan dan eksperimen untuk melakukan inovasi dari produk yang sudah ada. Hal ini untuk menghindari kebosanan dan kejenuhan konsumen dengan mengubah kemasan lama menjadi kemasan yang baru dengan desain produk dan bentuk produk yang berbeda.
Tujuan penelitian yaitu (1) untuk mengetahui pengaruh diversifikasi produk yang terdiri dari: kemasan produk (X1), bentuk produk (X2), dan manfaat produk (X3) terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk susu pada PKIS Sekartanjung Pasuruan. (2) untuk mengetahui pengaruh diversifikasi kemasan produk, bentuk produk dan manfaat produk secara parsial dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk susu pada PKIS Sekartanjung Pasuruan.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksplanatori, sumber data yang diunakan adalah primer dan sekunder, jenis data kualitatif dan kuantitatif, metode yang digunakan interview dan observasi serta dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan analisis statistic.
Simpulan yang dapat ditarik dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) berdasarkan hasil penelitian diketahui secara simultan diversifikasi produk yang terdiri dari ke 3 faktor diversifikasi produk sebesar 53.96% dan model regresi Y = 10.856+0.900X1+0.645X2+0.674X3. (2) Dari uji regresi diperoleh koefisien beta dan sumbangan efektif yang dapat menunjukkan bahwa salah satu dari diversifikasi produk yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan konsumen yaitu diversifikasi produk. Hal ini didukung oleh besarnya pengaruh langsung dari faktor diversifikasi kemasan produk tersebut terhadap peningkatan volume penjualan dengan nilai koefisien beta sebesar 0.557 dan sumbangan efektif sebesar 32.95%.
Tidak tersedia versi lain