Skripsi
Analisis pengaruh faktor psikologis konsumen terhadap keputusan pembelian kain tradisional sumba di kabupaten sumba timur-ntt : Mardiani Patries Obed
ANALISIS PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN TRADISIONAL SUMBA DI KABUPATEN SUMBA TIMUR NTT
ABSTRAKSI
Kata kunci : faktor psikologis, perilaku konsumen, keputusan pembelian
Penelitian ini bertujuan utnuk mengetahui Pengaruh Faktor Psikologis yang terdiri dari motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap terhadap keputusan pembelian kain tradisional Sumba di Kabupaten Sumba Timur – NTT, sehingga dapat menilai mengukur kemampuan dan menginterpretasikan keinginan dan perilakunya.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah diduga faktor psikologis berpengaruh secara dominan terhadap keputusan pembelian kain tradisional Sumba di Kabupaten Sumba Timur – NTT. Untuk menguji dominant pengaruh dari faktor psikologis konsumen terhadap keputusan pebelian kain tradisional Sumba yaitu dengan menggunakan uji t. Untuk mengetahui pengaruh faktor psikologis yang terdiri dari motivasi, presepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap keputusan pembelian kain tradisional Sumba di kabupaten Sumba Timur-NTT.
Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research adalah untuk menguji hipotesis dan mengatur variabel yang dihipotesiskan. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Penelitian yang mana peneliti menjelaskan hubungan sebab akibat atau kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis.
Penulis melakukan penelitian mengenai analisis pengaruh faktor psikologis konsumen terhadap keputusan pembelian kain tradisional Sumba di kabupaten Sumba Timur – NTT yang beralamat di jalan Umbu Rara Meha No. 22 Prailiu Waingapu Sumba Timur – NTT. Sumebr data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder, sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik pengumpulan data observasi.
Data ini adalah sumber utama penelitian yang akan dilakukan kelayakan penelitian ini tergantung pada pengolahan data primer yang akan diperoleh setelah pengisian kuesioner oleh responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi atau Rsquare = R2) yaitu sebesar 0,582 yang menyatakan besarnya pengaruh dari indikator faktor-faktor psikologis konsumen terhadap keputusan pembelian (Y). Artinya sebesar 61,3% keragaman dari keputusan pembelian (Y) kain tradisional Sumba di kabupaten Sumba Timur – NTT dipengaruhi oleh adanya faktor-faktor psikologis konsumen yang terdiri atas motivasi (X1), persepsi (X2), pembelajaran (X3), dan keyakinan dan sikap (X4). Sedangkan sisanya 38,7% ditentukan oleh faktor lain diluar variabel yang diteliti. Misalnya mutu dan kualitas produk, faktor bauran promosi dan produk tersebut dan sebagainya.
Secara keseluruhan penelitian ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang dominan biaya faktor psikologis konsumen terhadap keputusan pembelian kain tradisional Sumba di kabupaten Sumba Timur – NTT.
Tidak tersedia versi lain