Skripsi
PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO KUE PIA CAP MANGKOK MALANG
ABSTRAK
Atribut produk merupakan unsur-unsur yang dianggap penting dan
dijadikan dasar pengambilan keputusan pembelian. Atribut produk terdiri dari
merek, kemasan, pemberian label, layanan pelengkap dan jaminan. Perusahaan
akan mendapat keuntungan besar karena produknya apabila telah
mempertimbangkan dengan baik kelima unsur atribut produk tersebut. Toko Kue
Pia Cap Mangkok Malang khususnya yang terletak di Jalan Soekarno Hatta ini
merupakan salah satu perusahaan dalam bidang makanan yang telah menyadari
pentingnya atribut produk dan telah menjalankan dengan baik atribut produk yang
dimilikinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh unsur
atribut produk yang terdiri dari merek (X1), kemasan (X2), pemberian label (X3),
layanan pelengkap (X4) dan jaminan (X5) terhadap keputusan pembelian
konsumen (Y) terhadap Toko Kue Pia Cap Mangkok serta untuk mengetahui
unsur-unsur atribut produk yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan
pembelian konsumen terhadap Toko Kue Pia Cap Mangkok Malang.
Berdasarkan rumusan dan tujuan masalah, maka jenis penelitian ini adalah
penelitian eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen
Toko Kue Pia Cap Mangkok Malang yang melakukan pembelian pia yang
jumlahnya tidak dapat diketahui secara pasti. Oleh karena itu teknik pengambilan
sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak
60 responden. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan kuesioner dan wawancara langsung dengan teknik analisa data
yang menggunakan uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi
klasik (uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolinieritas, dan uji
heterokedastisitas), dan uji hipotesis (uji regresi linier berganda, koefisien
determinasi, sumbangan efektif, uji F dan uji t).
Hasil analisis dari penelitian ini yaitu didapatkan pengaruh yang signifikan
secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian konsumen Toko
Kue Pia Cap Mangkok Malang dengan unsur/variabel yang paling berpengaruh
secara dominan yaitu unsur/variabel kemasan (X2) yang mampu memberikan
dampak positif terhadap keputusan pembelian konsumen Toko Kue Pia Cap
Mangkok Malang.
Tidak tersedia versi lain